Cara Sehat Atasi Masalah Kandung Kemih

Organ kandung kemih merupakan organ penting bagi kita. Belum banyak orang yang mengetahui cara menjaga kesehatan kandung kemih atau kadang justru menyepelekannya sehingga angka kejadian infeksi pada kandung kemih cenderung tinggi.

Data dari Kementerian Kesehatan RI tahun 2016 menunjukkan bahwa jumlah penderita penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK) mencapai 90-100 kasus per 100.000 penduduk per tahun.

Proses membuang air kecil merupakan kerja dari beberapa organ, antara lain kandung kemih. Kandung kemih adalah sistem dari saluran kencing berbentuk kantung berongga yang bertugas menampung cairan yang telah disaring oleh ginjal dan akan dikeluarkan sebagai urine atau kencing.

Kandung kemih juga dapat disebabkan oleh bertambahnya usia yang menyebabkan penurunan fungsi organ. Bahkan ibu hamil juga dapat nyeri pinggang ketika kantung kemihnya bermasalah.

Maka dari itu menjaga kesehatan kandung kemih harus dilakukan sejak dini untuk menghindari terjadinya infeksi atau bahkan kanker. Cara sederhana untuk menjaga dan merawat kandung kemih agar tetap sehat antara lain dengan:

Minum air putih yang cukup

Minum air putih 2 liter atau 8 gelas per hari. Konsumsi air putih 1 gelas dengan interval 2 jam dimulai dari bangun tidur sampai hingga pukul 21.00 WIB sebelum tidur.

Latihan otot dasar panggul

Latihan ini dapat membantu memperkuat otot dasar panggul yang mengontrol kandung kemih agar bekerja lebih baik dan otot tidak lemah.

Buang air kecil setelah berhubungan seksual

Buang air kecil setelah berhubungan intim dapat membantu menyiram bakteri keluar dari sistem kemih sehingga dapat terhindar dari infeksi saluran kencing

Buang air kecil teratur

Membuang air kecil setidaknya setiap 2 jam atau lebih sekali. Menahan urine dalam kandung kemih terlalu lama dapat membuat kandung kemih terinfeksi. Sedangkan bila buang air terlalu sering akan membuat otot dasar panggul melemah dan akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Cara cebok yang benar

Arah cebok yang benar adalah dari depan kebelakang untuk menghindari infeksi kandung kemih. Letak uretra dan anus yang berdekatan terutama wanita dengan cara cebok yang salah dapat menyebarkan bakteri dari anus ke kandung kemih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *